Untuk mengatasi berbagai persoalan hukum ditengah masyarakat memang diperlukan bantuan praktisi hukum atau Advokat yang profesional. Sehingga saat ini banyak sekali kantor hukum atau Lawyer profesional Firma Hukum yang membuka praktek untuk membantu permasalahan hukum di Indonesia.

Untuk itu agar dikenal masyarakat, diperlukan strategi agar sebuah firma hukum dapat berkembang. Meski seorang Advokat pada dasarnya terikat dengan larangan beriklan, namun ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan oleh Firma Hukum untuk memasarkan jasa hukumnya.

Strategi “pemasaran” yang dapat dilakukan oleh Firma Hukum. Sebagai pengingat  agar setiap Advokat berpatokan pada ketentuan Pasal 8 huruf b Kode Etik Advokat Indonesia yang menegaskan jika pemasangan iklan semata-mata untuk menarik perhatian orang adalah dilarang termasuk pemasangan papan nama dengan ukuran dan/atau bentuk yang berlebih-lebihan.

Lantas strategi seperti apa yang harus dilakukan agar seorang Advokat atau pengacara lebih terlihat profesional tanpa harus membuat kontroversi agar dikenal masyarakat ?

Tips Untuk Lawyer-Firma hukum dalam menghadapi Era Digital

Lawyer

1. Miliki Website Firma Hukum Profesional 

Situs web menjadi cara untuk menunjukkan kredibilitas dan keunikan firma hukum. “Situs web menjadi cara firma hukum menceritakan dirinya sendiri untuk meyakinkan calon klien,” katanya. Ibarat etalase di dunia digital, situs web mencerminkan identitas suatu firma hukum.

Itu sebabnya situs web harus dibuat dengan perencanaan cermat. Ada tiga hal yang harus dipastikan dari situs web firma hukum yaitu:

Pertama, tampilannya harus mobile-friendly. Hal ini karena kebanyakan pengguna internet sekarang menggunakan perangkat ponsel pintar untuk mengakses internet. Kedua, kontennya harus pula SEO-friendly. Semakin mudah konten situs web tersebut muncul di mesin pencari Google, akan semakin membantu situs web tersebut ditemukan calon klien.

Ketiga, pastikan agar rancangan situs web tersebut seringan mungkin. Ini berkaitan dengan teknologi dan muatan data situs web tersebut.  

Tidak kalah pentingnya adalah komponen yang perlu ada dalam situs web, salah satunya adalah menempatkan info kontak seawal mungkin. Sangat baik jika tersedia fitur chatting dengan pengelola firma hukum directory lawyer.

Tampilkan secara baik dan jelas foto, profil, rekam jejak para lawyer beserta penghargaan untuk firma hukum juga diperlukan. Hanya saja perlu disajikan secara proporsional dan relevan untuk menunjukkan kredibilitas firma hukum.

Tentu hal itu harus diiringi dengan menampilkan jenis layanan dengan jelas dan mudah dimengerti. Orang yang mengontak firma hukum biasanya tidak terlalu paham soal hukum, buat semudah mungkin dimengerti layanan apa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Aktif Memanfaatkan kanal Media Sosial

Memanfaatkan berbagai kanal media sosial dan situs web sebagai langkah pertama untuk strategi internet marketing. Langkah selanjutnya adalah memperluas jangkauan informasi soal Lawyer dan firma hukum melalui media sosial.

Media sosial bagi firma hukum menjadi sarana untuk terus menerus hadir dalam berbagai percakapan publik secara mudah dan murah. Aktif di media sosial harus siap responsif, kreatif, dan relevan dengan topik hukum atau isu spesialisasi berkaitan firma hukum kita.

Memonitor tema percakapan yang relevan untuk media sosial firma hukum melibatkan diri menjadi tips pertama. Langkah ini menjadi cara untuk mengetahui kebutuhan layanan hukum seperti apa dari segmentasi klien yang dituju. Hal berikutnya adalah memilih kanal media sosial yang tepat. Lagi-lagi hal ini berkaitan dengan segmen yang menjadi prospek.

Tiap platform media sosial punya karakteristik sendiri, pilih yang paling sesuai.Ini artinya tidak perlu memaksakan aktif di semua kanal media sosial. Salah memilih dan mengelola media sosial hanya membuatnya sebagai langkah mubazir untuk kepentingan pemasaran. Karena kanal media sosial yang dipilih harus aktif memuat konten bermanfaat yang menarik perhatian calon klien.

Bagi firma hukum yang mempunyai anggaran besar, membentuk tim khusus untuk mengelola media sosial adalah langkah yang dianjurkan. Setidaknya tim ini terdiri dari manager/partner yang bertanggung jawab khusus, content planner/copywriter, administrator, desainer grafis, dan videografer.

Mulai dengan Aturan 3 W + 1 H

Sebelum membahas mengenai teknis pelaksanaan digital marketing, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan marketing dan kapan Lawyer firma hukum Anda dapat mencapai tujuan tersebut (aspek “why” dan “when”).

WHY: Pahami tujuan dari strategi marketing firma hukum Anda. Apa tujuan dari pelaksanaan marketing firma hukum Anda?  Pertumbuhan jumlah prospek (orang yang mengisi form permintaan jasa hukum di website, menelpon Anda dan/atau meminta proposal Anda) dan konversi klien? 

Seberapa besar pertumbuhannya?  Tujuan yang baik harus memiliki kriteria SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Realistic and Timebound.

WHEN: Kapan Anda dapat mencapai tujuan Anda. Bulan ini? Kuartal berikutnya? Tahun depan? WHAT: Bagaimana Anda dapat mencapai tujuan Anda? Apakah ada cara spesifik selain networking dan Google AdWords?

HOW: Setelah Anda mendeskripsikan tujuan, target waktu dan metode untuk mencapai tujuan, Bagaimana Anda melakukan metode tersebut? Seberapa sering? Apakah Anda mendelegasikan ke karyawan, associate, partner atau outsource ke agensi digital ? Klien baru adalah kunci untuk firma hukum yang berkembang.

Strategi Digital Marketing Untuk Lawyer-Firma Hukum

Zaman sekarang hampir 90% individu akan bersentuhan dengan internet. Mulai dari berkomunikasi, mencari hiburan, dan terbanyak adalah mencari informasi. Lantas bagaimana seorang Lawyer memasarkan kemampuannya secara online ?.

Untuk itu agar jasa Lawyer firma hukum di zaman sekarang harus berjuang dengan digital marketing, yaitu media sosial, pengembangan situs web, dan sales training, ditambah lagi mencoba meningkatkan efisiensi, budaya, dan retensi staf. Berikut adalah tipsnya :

1.   Marketing Konten Digital Bagi Praktisi Hukum

Salah satu langkah untuk mengoptimalkan strategi digital marketing online praktisi hukum. Dengan memilih sejumlah konten yang kuat dengan keyword sebagai pendorong publikasi.

Sekarang penggunaan konten artikel dapat di optimalisasi secara digital. Anda bisa menambahkan nama firma hukum tempat bekerja. Hingga alamat email atau nomor kontak yang bisa dihubungi calon klien. Memilih pemasaran bisnis secara online sejatinya memangkas hampir 50% biaya untuk publikasi.

Terdapat sejumlah kaidah atau aturan ketika menerapkan strategi marketing online. Anda sekalipun pada dasarnya adalah profesional hukum dan bukan ahli pemasaran wajib mengetahuinya.

2.   Menggunakan Jasa Firma Hukum Direktori Lawyer

Sebagai Lawyer profesional, untuk mendapatkan klien baru, Anda perlu memberi tahu orang-orang bahwa keberadaan Anda ada di luar sana karena di sinilah strategi dan rencana pemasaran firma hukum Anda masuk.

Ada banyak cara untuk memasarkan firma hukum Anda, tetapi Anda akan mencapai kesuksesan paling besar jika Anda mulai dengan strategi marketing firma hukum dan menentukan sasaran yang SMART, yang dapat Anda masukkan ke dalam rencana marketing untuk firma hukum Anda.

Itulah pentingnya Anda masuk dalam situs yang menyediakan jasa lawyer atau pengacara di Indonesia, yang dikelola oleh tenaga-tenaga profesional. Direktori Lawyer Indonesia – menyediakan informasi lawyer terbaik di Indonesia.

Sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot lagi mencari seorang pengacara atau advokat untuk membantu permasalahan hukum Anda, baik pidana atau perdata.

Khusu bagi yang membutuhkan jasa konsultasi cukup kunjungi dan temukan kolom hubungi, lalu calon klien bisa langsung hubungi untuk komunikasi. Maka Lawyers yang sudah berpengalaman dan terpercaya  siap membantu Anda, untuk konsultasi biasanya tidak dipungut biaya alias gratis.

Kesimpulannya

Digital Marketing bagi Lawyer dan firma hukum, tentunya perlu dengan menerapkan soft strategi marketing online, dimana artinya pemasaran dilakukan secara tersirat. Tapi meskipun tersirat anda perlu menekankan pada beberapa bagian, misalnya ketersediaan layanan jasa hukum, salah satunya menempatkan pelayanan jasa di penghujung artikel, kolom untuk konsultasi gratis online. 

Strategi marketing online seorang Lawyer akan tepat sasaran. Ketika bersedia mengerucutkan diri pada fokus tertentu. Upayakan anda menjadi kandidat teratas yang layak menerima tawaran kerja sama. Tampilkan profile yang menarik di website firma hukum Anda seperti di Firma Hukum Directory Lawyers.

Seorang Lawyer Profesional tentunya akan menawarkan jasanya melalui situs atau website profesional seperti Firma Hukum Directory Lawyers. Sehingga memudahkan calon klien menemukan jasa hukum yang dibutuhkan, karena di website tersebut lengkap menampilkan profile lawyer dan permasalahan hukum yang bisa ditangani, sehingga Anda tidak perlu repot repot lagi mencari daftar pengacara profesional, cukup klik website atau situs Firma Hukum Directory Lawyers.

Demikian pembahasan seputar strategi pemasaran digital bagi pengacara dan advokat, semoga membantu Anda !.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.