Anda butuh bantuan Hukum? Chat Us 081269886575
Advanced
Search
  1. Home
  2. Keuntungan dan Kerugian dari Adanya Konsultasi Hukum Online
Keuntungan dan Kerugian dari Adanya Konsultasi Hukum Online

Keuntungan dan Kerugian dari Adanya Konsultasi Hukum Online

  • September 13, 2019
  • 0 Likes
  • 194 Views
  • 0 Comments

Apakah Keuntungan dan kerugian konsultasi hukum online? Pelayanan hukum online muncul karena semakin mendesaknya kebutuhan bantuan hukum yang cepat dan praktis. Indonesia adalah negara hukum, namun kita sebagai warga negara sering menghindari persoalan yang berurusan dengan hukum. Padahal, semakin usia bertambah maka makin bertambah pula urusan yang membutuhkan pengetahuan terkait dengan hukum. Oleh karena itu, kita harus melek hukum, mulai dari menghadapi risiko pada saat dilaporkan polisi akibat ribut di sosial media, menuntut ganti rugi ketika pesanan yang diinginkan tidak sesuai, dan lain sebagainya.

Pengetahuan tentang hukum yang kurang memadai membuat kita rentan untuk terkena kerugian dalam bentuk uang maupun pelanggaran HAM. Sayangnya, aturan hukum yang banyak dan ruwet dapat membuat bingung serta kewalahan.

Jasa pengacara juga susah untuk diakses dan mahal. Kehadiran berbagai platform konsultasi hukum sebenarnya menawarkan berbagai solusi. Mulai dari aplikasi, situs, sampai hotline WhatsApp membuka akses untuk bertanya kepada ahli dengan lebih murah dan mudah, seperti di FirmaHukum.com.

Namun, jasa konsultasi hukum online tidak serta merta dapat menyelesaikan masalah. Terdapat aspek etika serta akurasi yang harus dipertanyakan.

Konsultasi Hukum Online – Keuntungannya

Anda tidak perlu takut untuk melakukan konsultasi hukum, sekarang sudah banyak sekali platform yang menyediakan konsultasi hukum secara online, lawyer online, dan lain sebagainya. Keuntungan yang akan Anda dapatkan juga bermacam-macam, seperti lebih mudah dan murah, tidak membuang-buang waktu, dapat layanan konsultasi hukum online 24 jam, dashboard yang mudah untuk digunakan, dan tentunya Anda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk riwa-riwi.

Kekurangan Konsultasi Hukum Online

Salah satu kekurangan dari adanya fitur konsultasi hukum yang dilakukan secara online adalah minimnya etika dan akurasi yang berbanding terbalik dengan kemurahan dan kemudahan dalam mengaksesnya. Pendapat legal yang diberikan lewat konsultasi hukum online rentan untuk digugat balik.

Selain itu, masalah dasarnya adalah konsultasi hukum online tidak dianggap sebagai sebuah hubungan antara klien dengan advokat yang ditentukan oleh etika profesi yang legal. Konsep hubungan ini sering kita dengar dengan istilah kerennya yaitu attorney client privilege atau dalam bahasa Indonesianya yaitu hak istimewa klien pengacara.

jasa konsultasi hukum onlineDengan media online meniadakan ikatan ini menyebabkan konsultasi yang dilakukan tidak mempunyai hak dan kewajiban yang mengikat antara konsultan dan klien. Artinya, advokat tidak dapat dimintai pertanggungjawaban yang legal atas jawaban dari hasil konsultasi yang telah diberikan. Tidak juga berkewajiban secara legal untuk menjaga privasi dari klien.

Maka, wajar saja jika beberapa ahli sudah memasang rambu-rambu kehati-hatian terkait dengan hal tersebut. Kualitas dan legalitas dari konsultasi hukum yang dilakukan secara online patut untuk dipertanyakan sebelum ada kode etik dan regulasi yang melindungi publik.

Adakah Jalan Tengah?

Setelah difasilitasi dengan teknologi, sudah seharusnya praktik konsultasi hukum online dilindungi oleh regulasi. Undang-udang Nomor 18 tahun 2003 terkait dengan Advokat mengatakan bahwa jasa bantuan advokat harus dinyatakan dalam surat perjanjian yang jelas. Hal ini penting untuk dilakukan dalam konsultasi. Tidak hanya berperan penting dalam melindungi klien, tetapi juga dapat membantu advokat agar terhindar dari yang namanya persaingan yang tidak sehat.

Akurasi dan perlindungan klien yang melakukan konsultasi hukum secara online sudah seharusnya sama dengan konsultasi hukum konvensional. Internet sebagai media interaksi antara advokat dan klien tidak dapat dimaknai sebagai pembatalan atas tanggungjawab yang dilakukan advokat.

Selama belum terdapat etik serta regulasi yang melindungi kepentingan publik, para pengguna harus bisa menyadari akan keterbatasan kualitas dan fungsi dari konsultasi.

Jasa yang kami tawarkan kepada calon client dan pengacara – adalah menjembatani kebutuhan ini. Pengacara – yang mungkin tidak memiliki waktu untuk memanage digital marketing – bisa segera memanfaatkan halaman dalam website kami sehingga bisa hadir secara online. Demikian juga, calon client bisa mengetahui dengan luas para pengacara dan meminta bantuan mereka. Dan, semua ini di sediakan gratis untuk Anda.

Karenanya, segera daftarkan diri Anda di website kami. Tentu saja, jika ada pertanyaan – jangan ragu menghubungi kami. Lebih dari senang kami akan membantu Anda.

Leave Your Comment