Marketing Online untuk Lawyer – Seberapa Besar Potensinya?

Marketing Online untuk Lawyer – Seberapa Besar Potensinya?
marketing online untuk lawyer

Marketing Online untuk Lawyer – Seberapa Besar Potensinya?

Marketing online untuk lawyer – hemm…apakah di perlukan? 

Yup, tentu saja tidak di perlukan. Lawyer atau pengacara adalah orang-orang berpengetahuan khusus mengenai hukum – yang mana tidak di miliki oleh semua orang. Sehingga, ketika ada orang yang membutuhkan bantuan hukum maka dengan sendirinya orang akan datang. Selain itu, kegiatan marketing seharusnya sebagai satu kegiatan yang hampir menjadi tabu bagi seorang lawyer. Mengapa menjadi tabu – yup, marketing kan cenderung memasarkan sesuatu yaitu jasa hukum seorang advokat. Namanya memasarkan berarti harus cenderung menarik – membujuk (yang terkadang terkesan murahan) – bahkan bis ajuga terkesan memaksa. Tentu saja, hal-hal ini adalah hal-hal yang haram untuk dilakukan oleh seorang pengacara atau lawyer.

Seorang lawyer adalah seorang yang terikat dengan kode etik Advokat dimana seorang pengacara seharusnya adalah seorang yang bermartabat dan mampu menjaga marwah profesi. DAN…marwah profesi seorang pengacara seharusnya dijauhkan dari kegiatan marketing yang membujuk, norak apalagi memaksa. Jadi, marketing entah yang offline ataupun online – sebaiknya menjadi kosakata yang di hapus dalam dunia per-lawyer-an.

marketing online untuk lawyer

Jadi, tunggu saja orang yang membutuhkan bantuan hukum itu akan datang dengan sendirinya ke kantor hukum Anda. Yang sewajarnya dilakukan saja yaitu memasang papan nama (dengan tidak berlebihan), membuat kartu nama dan membagikannya jika ada yang meminta atau berharap client yang sudah selesai di bantu itu akan mereferensikan kolega mereka kepada Anda. Oh…ada satu lagi, berharap kasus yang di tangani akan booming di media sehingga firma hukum Anda akan mendapat liputan media juga – dan di sanalah firma hukum Anda akan booming.

Tetapi, Apakah Marketing Online untuk Lawyer benar-benar tidak diperlukan?

Bukankah, memasang papan nama, membagikan kartu nama serta mendapat referensi sewajarnya seperti di atas juga adalah bentuk marketing yang diijinkan? Marketing online untuk lawyer dilakukan karena kehidupan orang yang semakin hari semakin digital/online sehingga mereka sering mencari-cari apapun kebutuhan mereka – pertama kalinya – melalui online (dalam hal ini mesin pencari atau search engine Google). Jadi, jika kita menyewa ruko sebagai kantor dan memasang papan nama – di dalam dunia online kita memiliki website hukum atau blog atau halaman – dan mencantumkan nama kita di sana – bukankah hal ini juga seharusnya diijinkan? Jika kita menaruh signature kita di sosial media dan membiarkan orang mengunjunginya – bukankah itu sama seperti kita membuat kartu nama dan membagikannya? Demikian juga, jika kita meminta orang lain mereferensikan koleganya kepada kita – dan kita melakukannya secara online – berarti tidak ada yang salah dengan marketing online untuk lawyer?

Marketing online untuk lawyer harus dilakukan karena sebagian besar masyarakat hidupnya semakin digital. Kita melakukan marketing online untuk lawyer semata-mata hanya karena kita berada di tempat dimana masyarakat itu juga berada. Karena apa gunanya kita sebagai seorang lawyer yang bercita-cita menolong masyarakat membutuhkan – jika kita tidak berada di tempat dimana masyarakat yang membutuhkan itu berada? Betul apa betul? Selain itu, melakukan marketing secara online pada dasarnya sama seperti kita menyewa sebuah ruko sebagai firma hukum memasang papan nama dan beroperasi didalamnya. Demikian juga kita menjalankan operasional kegiatan lawyer kita menggunakan dunia maya – tetap dengan cara yang bermartabat – tidak berlebihan dan menjaga marwah profesi.

Hemm…Seberapa Besar Potensi Marketing Online untuk Lawyer?

Syukurlah jika kita sudah sampai pada pertanyaan ini.
Seberapa besar potensi marketing online untuk lawyer? Tentu saja hal ini seharusnya juga menjadi perhatian kita mengingat kita bisa saja di tuduh melanggar kode etik Advokat – yang ternyata kita korbankan untuk satu hal yang sepele dan tidak membawa manfaat sama sekali.

Ok deh, sekarang kita akan melihat kira-kira berapa banyak potensi orang yang mencari informasi mengenai keyword yang berhubungan dengan profesi seorang advokat.

Mari kita lihat data dari Google mengenai berapa banyak orang yang mencari keyword tertentu sehubungan dengan dunia lawyer – dalam hitungan per bulan. Pengecekan ini saya lakukan pada tanggal 266 Juni 2021 dari Google Keyword Planner – yang biasa di gunakan oleh orang yang ingin memasang iklan di Google.

marketing online untuk pengacara

Data apakah yang bisa di lihat di atas?

Dari data di atas kita melihat ternyata potensi pencarian keyword-keyword yang berhubungan dengan hukum/lawyer memiliki potensi luar biasa besar. Pencarian perbulannya rata-rata mencapai 10.000 – 100.000 kali, dengan persaingan yang “rendah” saja. Artinya – tidak banyak orang yang memanfaatkan potensi online marketing untuk lawyer ini bagi perkembangan jasa hukum mereka.

Apakah artinya?
Artinya – ada pangsa pasar yang begitu luar biasa dari market Indonesia secara online untuk para pelaku jasa hukum seperti firma hukum, lawyer dan lain sebagainya. Masyarakat begitu haus untuk mencari pertolongan melalui internet – yang belum di penuhi atau kurang dimaksimalkan oleh para pemilik jasa hukum. Bayangkan jika dari 10.000 pencari informasi itu – sekitar 10% saja menemukan website dan halaman kita secara online, maka kita akan memiliki 1.000 calon client baru setiap bulannya. Jika, dari 1.000 calon client baru itu saja, 5% nya menjadi client kita – maka kita sudah memiliki 50 client baru setiap bulannya. JIKA, setiap 50 client baru itu menandatangani kontrak senilai Rp.50.000.000,- (seratus juta rupiah) saja, maka sudah bisa dipastikan firma hukum kita akan memiliki tambahan penghasilan sebesar Rp. 2,5 milyar per bulannya.

Astaga,
Tidak dalam jangka waktu satu tahun saja maka kita sudah menjadi lawyer kelas atas dengan penghasilan milyaran rupiah per bulannya. Tentu ini bukan perkara main-main. Terbukti marketing online untuk lawyer bukanlah perkara yang bisa di sepelekan. Marketing online untuk lawyer bisa menjadi berkah tak terkatakan – jika di manage dengan baik.

FirmaHukum.com – memulainya untuk Anda.
Kami membuatkan halaman pribadi untuk Anda – membuat Anda bisa memanage performa firma hukum Anda – bahkan dengan biaya yang hampir gratis semata-mata hanya karena kami baru memulai direktori lawyer ini. Jika direktori lawyer ini sudah berkembang besar dengan puluhan juta pengunjung setiap bulannya – satu hal yang pasti kami juga akan meningkatkan biaya nya. Hemm…kapan? Bisa saja minggu depan atau bulan depan atau 2-3 bulan kemudian.

Jadi, jangan ragu untuk daftar di FirmaHukum.com selagi masih bisa terbilang sangat murah dan hampir gratis. Anda akan berada di halaman pertama search engine dengan puluhan ribu pengunjung yang siap menjadi client Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *